PERANCANGAN APLIKASIE-CANTEENBERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECT ORIENTED ANALYSIS DAN DESIGN (OOAD) PADA KANTIN MAKAN NONA GEPREK PRABUMULIH

Authors

  • Andi Christian Christian STMIK Prabumulih
  • Rishi Suparianto STMIK Prabumulih
  • Della Sabillah Putri STMIK Prabumulih

Abstract

Kantin makan Nona Geprek kota Prabumulih adalah tempat makanan dan minuman yang berada di kota Prabumulih, beralamat di Jalan Mayor Iskandar, nomor 122 RT. 01 RW. 01 kelurahan Mangga Besar, kecamatan Prabumulih Timur, kota Prabumulih, provinsi Sumatera Selatan. Untuk pencapaian hasil yang maksimal, maka deperlukan adanya suatu perubahan dalam system pemesanan makanan dan minuman agar lebih optimal dan efisien. Oleh karena itu, kantin makan Nona Geprek Kota Prabumulih  membutuhkan suatu mekanisme dalam dalam pemesanan makanan dan minuman untuk memudahkan proses pemesanan makan dan minuman dan mengurangi kesalahan pemesanan makanan dan minuman antara pelayan dan pembeli. Dengan alasan diatas maka penulis mencoba untuk memberikan alternative pemecahan masalah dengan membuat aplikasi berbasis android dengan metode Object Oriented Analysis dan Design (OOAD). Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan proses pemesanan makanan dan minuman dan menghemat waktu. Pada penulisan ini juga akan diterangkan tahapan pengerjaan, mulai dari proses analisa, desain, pengodean, pengujian menggunakan Appsgeyser. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan model waterfall. Alat bantu analisis dan perancangan yang digunakan adalah UML (Unified Modelling Language)  terdiri dari use case diagram, activity diagram, dan sequence diagram. Aplikasi ini dibangun menggunakan software-software Appsgeyser.com dengan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) dan database MySQL serta untuk mencetak laporannya menggunakan komponen Adobe System, PDF.

Published

2021-01-14